Quick Contact
081327030060

Blog

Instalasi WordPress di Komputer Sendiri

Berikut ini adalah langkah langkah instalasi wordpress di localhost komuter anda

Instalasi WordPress di Komputer Sendiri

Langkah 1 – Download File

Download file instalasi WordPress dari situs resminya yang beralamat di http://wordpress.org/download/. File instalasi tersedia dalam format Gzip (.tar.gz) dan ZIP (.zip) yang dapat diekstrak dengan Winzip, Winrar atau program lain yang sejenis.

Langkah 2 – Ekstrak File

Ekstrak file instalasi WordPress ke root directory web. Jika server yang dipakai berada di komputer lain, misalnya di web hosting yang disewa, maka file instalasi tersebut harus diupload terlebih dahulu. Untuk mengupload file ke web hosting dapat melalui FTP, atau melalui aplikasi yang biasanya sudah tersedia di web hosting seperti cpanel.

Jika Anda menggunakan XAMPP, maka document root biasanya terletak di c:/xampp/htdocs atau c:/program files/apache/htdocs. Dalam contoh ini saya akan mengekstrak wordpress ke dalam folder wordpress25.

Langkah 3 – Memulai Instalasi dari Browser.

Setelah semua file diupload, langkah selanjutnya adalah menginstall WordPress melalui browser dengan cara membuka alamat http://namaserver/folder/ tergantung pada nama server dan folder tempat file instalasi WordPress berada. Misalnya jika instalasi WordPress diupload di folder wordpress25 dalam komputer local, maka alamat yang dibuka adalah http://localhost/wordpress25/. Jika langkah ini benar, maka akan ditampilkan tampilan seperti pada gambar berikut ini.

clip_image002[4]

Langkah 4 – Membuat file konfigurasi

Pada gambar di atas dinyatakan bahwa belum ada file wp-config.php dalam folder instalasi WordPress. Anda dapat membuatnya secara manual dengan me-rename file wp-config-sample.php yang ada di folder WordPress menjadi wp-config.php. Atau kita juga dapat membuatnya secara langsung dengan meng-klik link Create a Configuration File yang ada di tampilan gambar di atas.

Selanjutnya akan ditampilkan beberapa informasi berhubungan dengan konfigurasi database yang akan diperlukan selama proses instalasi berikutnya. Klik link Let’s go! yang terdapat di bagian bawah halaman untuk melanjutkan proses instalasi.

clip_image004[4]

Langkah 5 – Menyiapkan database

Sebelum langkah instalasi dilanjutkan, Anda harus memastikan database yang digunakan sudah dibuat di MySQL. Anda dapat membuat database tersebut secara manual melalui console, atau dengan front-end MySQL seperti MySQL Front, MySQL Yog, dan PHPMyAdmin. Berikut ini contoh ilustrasi cara membuat database dengan PHPMyAdmin.

clip_image005[4]

clip_image006[4]

Langkah 6 – Konfigurasi Database

Setelah database sudah dibuat, berikutnya kembali ke proses instalasi WordPress.

clip_image008[4]

Pada halaman berikutnya, akan ditampilkan form inputan yang berhubungan dengan konfigurasi database yaitu nama database, user login ke database, password login ke database, host server database, dan table prefix. Setelah semua form diisi dengan benar, klik tombol Submit untuk melanjutkan proses instalasi. Dan jika semua form diisi dengan benar, maka akan ditampilkan halaman konfirmasi seperti pada gambar di bawah ini. Lanjutkan proses instalasi dengan klik link Run the install!.

clip_image010[4]

Langkah 7 – Blog Info

Setelah melewati langkah 6, selanjutnya akan ditampilkan halaman seperti pada gambar berikut ini. Pada tahap ini, WordPress sudah berhasil membuat tabel-tabel yang diperlukan dalam aplikasi. Pada halaman berikutnya akan diminta form inputan judul blog dan alamat email admin. Inputan ini dapat diubah kemudian. Tekan tombol Install WordPress untuk melanjutkan.

clip_image012[4]

Langkah 8 – Instalasi Selesai

Halaman yang ditampilkan selanjutnya adalah informasi user dan password untuk admin. User ini diperlukan untuk masuk ke halaman administrasi situs.

Proses instalasi WordPress sudah berhasil. Jangan lupa untuk menyimpan informasi username dan password pada halaman di atas. Username ini akan digunakan untuk masuk ke halaman administrasi wordpress. Anda bisa mengubah password tersebut di kemudian hari.

clip_image014[11]

Tampilan situs blog Anda pertama kali kurang lebih sebagai berikut.

Ketik http://localhost/wordpress25 pada browser Anda

clip_image002

Leave a Reply

PanjiMedia sign up form


Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur excepteur sint occaecat cupidatat non

PanjiMedia login form