Quick Contact
081327030060

Blog

E Commerce di Indonesia

Teknologi internet sudah semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai organisasi terutama organisasi bisnis. Kegiatan dunia usaha menggunakan teknologi internet adalah cara yang inovatif dalam melakukan kegiatan perusahaan untuk memasuki pasar di dunia maya yang disebut sebagai electronic business dan commerce (e-business dan e-commerce) (Tamimi, Sebastianelli & Rajan 2005; Wang, Head & Archer 2002). Dengan memanfaatkan teknologi internet, perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan bisnis secara elektronik seperti; transaksi bisnis, operasi fungsi-fungsi perusahaan, berbagi informasi dengan konsumen dan suplier untuk mempertahankan hubungan sebelum, selama dan setelah proses pembelian (Zwass 1998; Zwass 2003; Bandyo-padhyay 2002; Haag, Cummings & Dawkins 1998). Aktifitas bisnis secara elektronik ini (e-business/e-commerce) telah memberikan beberapa kemudahan baik bagi penjual maupun bagi pembeli (Grandon & Pearson 2004). Bagi pihak penjual, e-commerce akan membantu untuk memperluas daerah pemasaran produk yang akan dijualnya, sedangkan bagi pembeli, akan mempermudah mendapatkan dan membandingkan informasi tentang produk yang akan dibelinya.  clip_image001

Di Indonesia, pemanfaatan teknologi e-commerce dan website masih belum berkembang. Keadaan ini disebabkan oleh berbagai kendala seperti infrastruktur yang belum menunjang, kurangnya ketersediaan pekerja yang mengerti tentang teknologi informasi (IT), kurang terlibatnya lembaga keuangan/perbankan dan juga keterbatasan tingkat pendidikan si pemakai (Pimchangthong et al. 2003; Raharjo 1999; Setiyadi, 2002). Walaupun demikian, seiring dengan penggunaan teknologi internet yang semakin luas, indikator untuk teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia cukup meningkat secara signifikan.

Antara tahun 1996-1999, pengguna PC (personal computer) telah meningkat 17,85%, jumlah internet host meningkat 24,11% dan jumlah pengguna (online users) meningkat 42,52% (Orbeta 2002). Sementara itu, jumlah domain website yang terdaftar di APJII (2005) telah meningkat dari 1.479 di tahun 1998 menjadi 21.762 di tahun 2004. Keadaan ini dapat mengambarkan bagaimana para pelaku bisnis di Indonesia sudah mulai menyadari peranan website bagi operasional perusahaannya.

Studi tentang penggunaan situs perusahaan e-commerce kebanyakan dilakukan di negara maju atau negara barat, sedangkan di negara sedang berkembang masih sangat minim. Oleh karena itu penelitian ini akan melihat apakah penggunaan situs perusahaan e-commerce sudah dirasakan oleh pelaku bisnis di Indonesia sebagai suatu kebutuhan. Kemudian penelitian ini akan memberikan gambaran bagaimana situs perusahaan e-commerce dapat diterima dan digunakan oleh para calon konsumen dalam melakukan aktifitas bisnis. Dan seberapa penting situs perusahaan dalam membantu perusahaan dan konsumen melakukan transaksi bisnis. Teori-teori tentang kesuksesan operasional website perusahaan e-commerce telah diadopsi dari penelitian dan studi yang dilakukan di negara maju dan negara barat. Studi-studi itu tentu sudah jelas akan berbeda kadaannya ketika website perusahaan dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan di negara sedang berkembang dan negara Asia (negara Timur). Sehingga, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu masukan apakah teori-teori dari negara maju dapat atau tidak dapat diaplikasikan di negara sedang berkembang seperti Indonesia.

Leave a Reply

PanjiMedia sign up form


Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur excepteur sint occaecat cupidatat non

PanjiMedia login form